Mengembangkan bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih di masa sulit saat ini. Walau banyak cara yang bisa Anda lakukan, namun cara terbaik untuk mempertahankan bisnis Anda adalah dengan menciptakan online presence.
Perlu Anda ingat bahwa proses untuk membangun online presence bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam jangka pendek. Persaingan yang akan Anda hadapi tidak akan mudah. Jika Anda sudah siap, mari kita pelajari bagaimana Anda bisa membangun online presence untuk bisnis Anda.
Cara mudah membangun online presence
- Pahami bisnis Anda
Sebelum mulai menjalankan kampanye online presence, sangat penting untuk memahami bisnis Anda terlebih dahulu. Banyak orang yang membangun online presence untuk bisnis mereka. Beberapa diantaranya mungkin dapat menjadi pesaing Anda.
Jika Anda tidak memahami keunikan bisnis Anda sendiri, besar kemungkinan brand Anda akan tenggelam dalam persaingan. Semakin unik bisnis yang ditampilkan secara online, semakin mudah untuk membangun online presence dari sebuah brand.
- Mulai dengan Google Search
Apa yang Anda lakukan jika ingin menemukan bisnis tertentu? Tentunya Anda menggunakan mesin pencari untuk mencarinya. Kenapa harus Google? Jawabannya mudah, Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia.
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis Anda dalam Google Business. Dengan melakukannya, maka bisnis Anda akan muncul dalam Google Map. Jadi orang-orang bisa menemukannya dengan mudah.
Uniknya, setelah menyelesaikan pengaturan akun Google Business, Anda juga akan mendapatkan website mini untuk membangun online presene bisnis Anda. Anda bisa menambahkan deskripsi bisnis Anda, jam operasional, info kontak, dan masih banyak lagi.
- Ciptakan website sendiri
Sebuah bisnis online harus memiliki website. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan bagi calon konsumen pada brand Anda. Namun Anda harus memiliki tampilan website yang menarik karena hal ini yang pertama kali dilihat oleh pelanggan Anda.
Jika Anda bukan termasuk orang yang melek teknologi, Anda akan membutuhkan bantuan dari orang-orang yang memahaminya. Tidak perlu khawatir dengan dana yang akan Anda keluarkan karena investasi ini akan memberikan Anda keuntungan jangka panjang.
- Tentukan nama online yang menarik
Nama brand yang Anda tampilkan secara online akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda kedepannya. Nama ini juga akan Anda gunakan untuk menemukan domain yang tepat untuk website dan juga akun media sosial Anda.
Perlu diingat bahwa nama yang unik dan mudah diingat dapat membantu online presence bisnis Anda. Sebagai panduan, cobalah untuk menemukan nama unik antara 2-3 suku kata. Dengan begitu, konsumen dapat lebih mudah mengingat brand online Anda.
- Manfaatkan media sosial
Saat ini media sosial dipenuhi oleh hampir semua orang. Sayang sekali jika Anda tidak membangun online presence di berbagai platform media sosial. Anda bisa mulai berbagi informasi mengenai brand Anda dan informasi menarik leinnya seputar bisnis yang Anda jalani.
Jangan lupa untuk berinteraksi dengan akun lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mempromosikan brand Anda pada orang-orang baru. Tapi ingat, jangan sampai Anda lakukan spamming atau berinteraksi secara berlebihan. Hal ini bisa beresiko akun media sosial Anda terkena ban (dibekukan).
Kampanye dalam membangun online presence harus dilakukan secara konsisten dan bertahap. Anda mungkin kesulitan untuk menjalankannya dalam beberapa bulan pertama. Tapi Anda tidak akan kecewa dengan hasil kerja Anda nanti.