Menjalankan sebuah bisnis secara online sudah menjadi hal yang wajib dilakukan para pelaku usaha saat ini. Banyak strategi yang bisa dilakukan agar bisnis Anda dapat meraih kesuksesan secara online, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi content marketing.
Apa sih content marketing itu?
Content marketing adalah salah satu strategi dalam digital marketing. Strategi ini berfokus pada pembuatan, publikasi, dan distribusi konten kepada audiens yang lebih tertarget. Cara ini dapat menarik pengunjung baru yang bisa Anda arahkan untuk keuntungan bisnis Anda.
Lalu kenapa bisnis Anda harus menerapkan strategi content marketing ini? Dalam artikel ini Anda akan menemukan 5 alasan kenapa Anda harus memulai strategi content marketing sekarang juga. Mari kita simak satu-persatu.
1. Content marketing lebih menjanjikan daripada iklan
Iklan online dianggap sebagai cara paling ampuh untuk mendorong sebuah bisnis. Tapi tahukah Anda jika saat ini iklan menjadi kurang efektif? Alasannya sangat sederhana, semakin banyak orang yang memasang adblock di perangkat elektronik mereka.
Dilansir dari PageFair Adblock Report 2020, hingga akhir 2019, sekitar 527 juta orang di dunia menggunakan peramban mobile yang memblokir iklan. Selain itu, 236 juta orang memblokir iklan pada desktop mereka.
Hal ini tentu sangat disayangkan. Anda mengeluarkan banyak uang untuk iklan yang bahkan tidak muncul pada target audiens Anda. Untuk mengatasinya ternyata cukup mudah. Content marketing adalah strategi baru yang harus Anda lakukan.
2. Dapatkan audiens langsung dari mesin pencari
Saat mengetikkan kata atau frasa tertentu di Google, mesin pencari akan memberikan informasi yang paling relevan dengan kata kunci yang Anda ketikkan. Saat Anda membuat konten berkualitas yang bermanfaat untuk target audiens Anda, Google akan menempatkan konten yang Anda buat pada ranking yang lebih tinggi. Hasilnya, website bisnis Anda akan didatangi lebih banyak pengunjung.
Untuk melakukannya, Anda harus membuat konten berkualitas dengan informasi terbaru dan juga relevan dengan kata kunci tertentu. Dengan begitu konten Anda akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi dalam mesin pencari.
3. Menghasilkan Prospek untuk Bisnis Anda
Menarik prospek untuk bisnis Anda pastinya menjadi alasan utama Anda melakukan kampanye marketing. Prospek inilah yang nantinya akan diarahkan untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Hanya dengan membangun sebuah website untuk bisnis Anda tidaklah cukup untuk mencapai tujuan ini. Berdasarkan internetlivestat, saat ini terdapat sekitar 1,8 miliar website yang aktif di seluruh dunia. Bagaimana website Anda bisa dikenal oleh target audiens Anda?
Content marketing dapat memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk menemukan bisnis Anda melalui konten yang Anda buat. Mereka yang tertarik dengan konten Anda bisa diarahkan untuk mendongkrak penjualan Anda. Jadi potensi bisnis Anda menghasilkan keuntungan juga akan jauh lebih besar.
4. Menarik pembeli ideal
Menarik perhatian prospek pada bisnis Anda tentu sangat menggiurkan. Tapi jika prospek tersebut tidak tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda hanya membuang-buang waktu dan uang Anda saja.
Uniknya, content marketing bukan hanya dapat menarik perhatian prospek pada bisnis Anda, tapi Anda bisa memilah-milah target audiens yang Anda inginkan. Jadi hanya orang-orang yang tertarik pada bisnis Anda saja yang mendatangi Anda.
5. Agen pemasaran gratis
Menjalankan sebuah kampanye pemasaran tentunya dapat menguras waktu dan uang yang Anda miliki. Tapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang. Konten yang menarik tentunya akan menarik banyak orang untuk membaginya kepada keluarga dan teman-teman mereka. Hal ini tentunya secara tidak langsung menjadi media promosi gratis untuk bisnis Anda bukan.