Ringkasan Buku “Made to Stick” – Chip and Dan Heath

Berikut adalah ringkasan detail dari poin-poin kunci dari buku Made to Stick oleh Chip dan Dan Heath:

Gambaran Umum

Made to Stick meneliti mengapa beberapa ide diingat sementara yang lain dilupakan. Penulis mengidentifikasi 6 prinsip utama yang membuat ide “melekat” dan lebih mungkin dipahami, diingat, dan memiliki dampak yang berkelanjutan:

  • Sederhana: Sederhanakan ide hingga intinya. Identifikasi elemen paling penting dan hapus detail yang tidak perlu.
  • Tak Terduga: Kejutkan orang dan langgar harapan mereka untuk menarik perhatian.
  • Konkret: Gunakan detail dan bahasa yang jelas untuk membantu orang memvisualisasikan konsep. Hindari abstraksi yang samar.
  • Kredibel: Sediakan detail dan statistik yang meyakinkan untuk mendukung klaim. Membangun otoritas dan kepercayaan.
  • Emosional: Buat orang peduli dengan menarik identitas, kekhawatiran, dan aspirasi mereka.
  • Cerita: Bingkai ide sebagai cerita dengan drama, karakter, dan imajeri untuk membuatnya lebih menarik.

6 Prinsip Ide yang Melekat

Sederhana

  • Temukan inti dari setiap ide atau pesan dan sederhanakan hingga esensi paling kritis. Tanyakan “Apa hal paling penting yang perlu saya sampaikan?”[1]
  • Gunakan teknik “Niat Komandan” dari militer, yang merampingkan rencana hingga misi inti sederhana yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya, “Hancurkan kemampuan musuh untuk bertarung.”[2]
  • Hindari pengisian ide dengan detail yang tidak perlu. Tetap pada beberapa elemen vital yang paling penting.[3]

Tak Terduga

  • Tarik perhatian dengan mengejutkan orang atau menantang asumsi mereka. Trik cerdas atau fakta yang mengejutkan bekerja dengan baik.[4]
  • Balikkan harapan, tetapi dengan cara yang logis yang sejalan dengan ide inti. Jangan hanya mengejutkan demi mengejutkan.[1]

Konkret

  • Bantu orang memvisualisasikan konsep dengan menggunakan imajeri yang jelas, deskripsi rinci, dan analogi yang dapat mereka hubungkan.[5]
  • Bandingkan ide abstrak dengan pengalaman konkret seperti mengemudi mobil, memasak, olahraga, dll. Analogi membuatnya lebih mudah untuk memahami konsep yang tidak dapat diraba.[4]

Kredibel

  • Dukung klaim dengan detail yang meyakinkan, statistik, contoh, kesaksian, dan bukti lainnya. Membangun kredibilitas eksternal.[6]
  • Manfaatkan kredibilitas internal dengan memiliki ide yang didukung oleh sumber yang berwenang dan dapat dipercaya. Validasi ahli meningkatkan daya persuasi.[1]

Emosional

  • Tarik keinginan, kekhawatiran, nilai, dan identitas orang. Manfaatkan emosi seperti empati, nostalgia, kebanggaan, dll.[7]
  • Ceritakan kisah inspiratif tentang orang-orang nyata yang mengatasi tantangan. Narasi pribadi membangun koneksi dan empati.[4]

Cerita

  • Bingkai ide sebagai cerita dengan karakter yang menarik, drama, imajeri, dan emosi. Cerita menarik orang lebih dari fakta dingin.
  • Gunakan struktur cerita sebelum-dan-sesudah. Lukiskan kontras yang jelas antara kehidupan sebelum/sesudah mengadopsi ide untuk menyoroti nilainya.[1]
  • Biarkan orang menjadi pahlawan dari cerita mereka sendiri. Sesuaikan cerita untuk memberdayakan orang untuk menciptakan perubahan sendiri.[4]

Membuat Ide Melekat

  • Terapkan daftar periksa SUCCESs untuk membuat ide yang melekat: Sederhana, Tak Terduga, Konkret, Kredibel, Emosional, Cerita.
  • Atasi “kutukan pengetahuan” – jangan asumsikan orang tahu info latar belakang yang Anda anggap biasa. Jelaskan ide dengan jelas dari awal.
  • Untuk menyebarkan ide, pertama buatlah mereka melekat. Buat ide yang melekat, lalu komunikasikan mereka dengan efektif. Kekuatan melekat membuat transmisi lebih sukses.

Poin Utama

  • Ide yang melekat adalah sederhana, tak terduga, konkret, kredibel, emosional, dan diceritakan sebagai cerita.
  • Temukan inti, gunakan detail yang jelas, dukung klaim dengan bukti, tarik emosi, dan bingkai sebagai narasi.
  • Membuat ide lebih melekat meningkatkan peluang mereka untuk dipahami, diingat, dan mendorong tindakan.[1][2][3][4][5][6][7].

Citations:
[1] https://www.bukukita.com/Buku-Murah-dan-Promo-2021/Diskon-50-Persen/55298-Made-to-Stick-:-Strategi-Agar-Gagasan-Anda-Melekat-di-Benak-Orang-Lain.html
[2] https://www.amazon.com/Made-Stick-Ideas-Survive-Others/dp/1400064287
[3] https://www.amazon.com/Made-Stick-Ideas-Survive-Others/dp/0739341340
[4] https://www.tokopedia.com/find/made-to-stick
[5] https://heathbrothers.com/books/made-to-stick/
[6] https://www.linkedin.com/pulse/made-stick-reflection-derek-stallard
[7] https://www.katherineahayes.com/business-book-club-made-to-stick/

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #180: Innovation in Real Places | Alan Perdana & Deni Yulian

https://www.youtube.com/watch?v=KqK4l0X1KMo

BREED #179: Practice – “Business Model Generation” | Jaha Nababan & Emil F. Yakhya

https://www.youtube.com/watch?v=y2zl9Yp7Dks

BREED #178: Insight – “Managing Crisis” | Buntoro & Rois Solihin

https://www.youtube.com/watch?v=Sc1lq-yUNEM