Ringkasan Buku Malcolm Gladwell – The Tipping Point

Berikut adalah ringkasan buku The Tipping Point karya Malcolm Gladwell dalam Bahasa Indonesia:

Ikhtisar

Buku The Tipping Point berusaha menjelaskan bagaimana ide, produk, dan perilaku dapat menyebar seperti epidemi. Gladwell mendefinisikan “tipping point” sebagai momen ketika suatu ide atau tren melewati ambang batas dan menyebar dengan cepat melalui populasi.

Buku ini mengidentifikasi tiga faktor kunci yang dapat menyebabkan tipping point:

Hukum Segelintir Orang

Sejumlah kecil orang dengan kemampuan sosial luar biasa dan pengaruh dapat menyebabkan tipping point. Gladwell menyebut tiga tipe kunci dari orang-orang ini:

  • Penghubung – Orang yang memiliki banyak koneksi sosial yang dapat menghubungkan orang lain
  • Ahli – Orang yang memiliki banyak pengetahuan yang dapat berbagi informasi dan saran
  • Penjual – Orang yang karismatik yang dapat meyakinkan orang lain

Faktor Perekat

Ide atau pesan yang mudah diingat dan “menempel” di benak orang lebih mungkin menyebar. Membuat konten yang emosional, menceritakan kisah, dan menjaga pesan tetap sederhana dan tak terduga membuatnya “lengket”.

Kekuatan Konteks

Lingkungan dan situasi mempengaruhi seberapa baik suatu ide menyebar. Perubahan kecil dalam konteks dapat menghasilkan dampak besar dalam perilaku ujung.

Pelajaran Utama

  • Ide dan perilaku menyebar seperti virus, dengan massa kritis dan pertumbuhan eksponensial.
  • Penyebab kecil dapat berdampak besar secara tidak proporsional. Perubahan terjadi tiba-tiba, bukan secara bertahap.
  • Hukum Segelintir Orang, Faktor Perekat, dan Kekuatan Konteks menentukan titik ujung.
  • Penghubung dengan jaringan sosial besar menyebarkan ide secara luas. Ahli dan penjual meyakinkan orang untuk mengadopsi ide baru.
  • Pesan harus diingat dan “lengket” agar menyebar. Kesederhanaan, ketakterdugaan, konkret, kredibilitas, emosi, dan kisah membuat ide lengket.
  • Perubahan kecil dalam konteks dapat berdampak besar pada perilaku. Konteks membentuk perilaku yang tepat.

Kesimpulan

  • Tipping point membutuhkan orang yang tepat, ide yang lengket, dan konteks yang tepat. Kuasai ini untuk menciptakan perubahan.
  • Fokus menghubungkan pengaruh, membuat ide yang meyakinkan, dan menyesuaikan situasi untuk menyebabkan tipping point.
  • Dengan elemen yang tepat, tren dapat berubah dengan cepat. Perubahan kecil membuat perbedaan besar.

Citations:
[1] https://pimtar.id/books/the-tipping-point/6075ffd2b7b2d81e215099277
[2] https://armutaqin.medium.com/review-buku-the-tipping-point-karya-malcolm-gladwell-688603b5e6f1
[3] https://perpustakaan.kasn.go.id/index.php?id=1231&p=show_detail
[4] https://renovrainbow.com/tipping-point-viral-malcolm-gladwell
[5] https://www.jadipunya.id/3-karakter-viral-dari-buku-tipping-point/
[6] https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/6813/tipping-point-bagaimana-hal-hal-kecil-berhasil-membuat-perubahan-besar.html
[7] https://perpustakaan.kemendagri.go.id/opac/index.php?id=7012&p=show_detail
[8] https://indeenveritas.wordpress.com/2014/01/08/resume-buku-the-tipping-point-oleh-malcolm-gladwell/

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #180: Innovation in Real Places | Alan Perdana & Deni Yulian

https://www.youtube.com/watch?v=KqK4l0X1KMo

BREED #179: Practice – “Business Model Generation” | Jaha Nababan & Emil F. Yakhya

https://www.youtube.com/watch?v=y2zl9Yp7Dks

BREED #178: Insight – “Managing Crisis” | Buntoro & Rois Solihin

https://www.youtube.com/watch?v=Sc1lq-yUNEM