BREED #157 Ask Iwata | Bullitt Sesariza, Aland Baraputra & Emil F Yakhya

Topik: Bedah Buku “Ask Iwata” dan Inspirasi dari Satoru Iwata

  • Komunitas Breed telah berjalan 3 tahun dengan lebih dari 156 buku dibedah, termasuk “Ask Iwata” karya Hobonichi, yang merangkum pemikiran dan pidato Satoru Iwata, Presiden Nintendo.
  • Iwata dikenal dengan pendekatan realistis dan radikal dalam pengembangan game, serta kesuksesan Nintendo melalui Game Boy, Nintendo DS, dan Wii.
  • Filosofi hidup Iwata: meskipun menjabat sebagai presiden, di pikirannya ia adalah developer, dan di hatinya adalah gamer.
  • Perjalanan karier Iwata dimulai dari kecintaannya terhadap kalkulator yang bisa diprogram, lalu mendirikan HAL Laboratory, menyelamatkan perusahaan dari utang 1,5 miliar yen, hingga akhirnya direkrut menjadi Presiden Nintendo.
  • Iwata percaya pada kekuatan tim (group strength) dan pentingnya mengidentifikasi bottleneck dalam proses kreatif.
  • Pendekatan manajerial Iwata sangat teknikal dan terinspirasi dari pola pikir programmer: memecah masalah menjadi elemen kecil dan menyelesaikannya secara sistematis.
  • Produk sukses seperti Nintendo Wii lahir dari keinginannya menciptakan “fun for everyone”, bukan hanya untuk gamer hardcore, termasuk desain kontrol yang ramah pengguna dan casual.
  • Iwata sangat human-oriented, memperhatikan kesejahteraan tim, mewawancarai semua anggota dua kali setahun.
  • Dalam proses kreatif, Iwata mengajarkan pentingnya mendengarkan ide bahkan dari CFO sekalipun (kasus game Brain Age).
  • Prinsip utama Iwata adalah tidak pernah bilang “tidak bisa” pada ide—semua ide layak dicoba.
  • Diskusi juga diisi oleh Alan Baraputra dan Mas Bulit, kreator dan HR di industri kreatif Indonesia, yang membahas pengaruh game dan komik dalam membentuk mentalitas generasi 90-an.
  • Alan membagikan bagaimana entertainment menjadi pelarian dan pelajaran hidup, serta tantangan di balik layar industri kreatif, seperti benturan antara kreator, finansial, dan arahan manajemen.
  • Mas Bulit menegaskan pentingnya iterasi, riset, dan proses panjang dalam menciptakan produk game yang berhasil, serta perjuangan mendapatkan dukungan dari publisher dan stakeholder.

Catatan: ringkasan ini dibuat oleh AI (Artificial Inteligence), kesalahan bisa terjadi. Silahkan nonton video aslinya (lengkap) agar tidak salah.
-AI-

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #272: The Corporation in The 21st Century | GWidayanto, Jaha Nababan, Ningky M & Deni Yulian

https://www.youtube.com/watch?v=cPs_YYZDBFM Topik: Diskusi Buku “The Corporation in the 21st Century” – Breed #272 1. Latar Belakang Diskusi Breed telah membahas ratusan buku lintas topik, dari strategi,...

BREED #271: The Hard Thing About Hard Things | Army Alghifari & Alan Perdana

https://www.youtube.com/watch?v=z8Do7wHvMCE Topik: Pembukaan dan Pengantar Diskusi Penjelasan tentang komunitas Breed sebagai tempat membaca dan ngobrol buku bersama. Fokus Breed bukan hanya memahami isi buku, tetapi menguji...

Belajar Sains Lebih Interaktif dengan Fitur Dynamic View di Gemini

https://www.youtube.com/watch?v=rR-Zy9HE8TA Perkembangan teknologi AI terus menghadirkan cara baru untuk belajar, dan salah satu inovasi menarik yang saya coba baru-baru ini adalah fitur Dynamic View...