BREED #157 Ask Iwata | Bullitt Sesariza, Aland Baraputra & Emil F Yakhya

Topik: Bedah Buku “Ask Iwata” dan Inspirasi dari Satoru Iwata

  • Komunitas Breed telah berjalan 3 tahun dengan lebih dari 156 buku dibedah, termasuk “Ask Iwata” karya Hobonichi, yang merangkum pemikiran dan pidato Satoru Iwata, Presiden Nintendo.
  • Iwata dikenal dengan pendekatan realistis dan radikal dalam pengembangan game, serta kesuksesan Nintendo melalui Game Boy, Nintendo DS, dan Wii.
  • Filosofi hidup Iwata: meskipun menjabat sebagai presiden, di pikirannya ia adalah developer, dan di hatinya adalah gamer.
  • Perjalanan karier Iwata dimulai dari kecintaannya terhadap kalkulator yang bisa diprogram, lalu mendirikan HAL Laboratory, menyelamatkan perusahaan dari utang 1,5 miliar yen, hingga akhirnya direkrut menjadi Presiden Nintendo.
  • Iwata percaya pada kekuatan tim (group strength) dan pentingnya mengidentifikasi bottleneck dalam proses kreatif.
  • Pendekatan manajerial Iwata sangat teknikal dan terinspirasi dari pola pikir programmer: memecah masalah menjadi elemen kecil dan menyelesaikannya secara sistematis.
  • Produk sukses seperti Nintendo Wii lahir dari keinginannya menciptakan “fun for everyone”, bukan hanya untuk gamer hardcore, termasuk desain kontrol yang ramah pengguna dan casual.
  • Iwata sangat human-oriented, memperhatikan kesejahteraan tim, mewawancarai semua anggota dua kali setahun.
  • Dalam proses kreatif, Iwata mengajarkan pentingnya mendengarkan ide bahkan dari CFO sekalipun (kasus game Brain Age).
  • Prinsip utama Iwata adalah tidak pernah bilang “tidak bisa” pada ide—semua ide layak dicoba.
  • Diskusi juga diisi oleh Alan Baraputra dan Mas Bulit, kreator dan HR di industri kreatif Indonesia, yang membahas pengaruh game dan komik dalam membentuk mentalitas generasi 90-an.
  • Alan membagikan bagaimana entertainment menjadi pelarian dan pelajaran hidup, serta tantangan di balik layar industri kreatif, seperti benturan antara kreator, finansial, dan arahan manajemen.
  • Mas Bulit menegaskan pentingnya iterasi, riset, dan proses panjang dalam menciptakan produk game yang berhasil, serta perjuangan mendapatkan dukungan dari publisher dan stakeholder.

Catatan: ringkasan ini dibuat oleh AI (Artificial Inteligence), kesalahan bisa terjadi. Silahkan nonton video aslinya (lengkap) agar tidak salah.
-AI-

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #252: Manusia Indonesia | Buntoro, Tonny Warsono, Tofan R Zaky & Kartika

https://www.youtube.com/watch?v=vnaAxtxLPJE

Buku Import Mahal dan Susah Didapat? – Diskusi dengan Helmi Himawan

Membangun Budaya Baca dan Inisiatif Buku Bekas: Cerita Pak Helmi dan Dagobookcafe.com Dalam sebuah perbincangan santai namun sarat makna bersama Mas Miko, Pak Helmi—seorang pencinta...

Diskusi Pendidikan, Smart Classroom, AI dengan Hora Tjitra

Belajar dari China: Transformasi Pendidikan, Teknologi, dan AI China dalam dua dekade terakhir mengalami lompatan luar biasa, tidak hanya dalam sektor ekonomi, tetapi juga pendidikan,...