Bedah Buku Bisnis #66: Learning How To Learn | Tanti Ruwani, Matilda H. Khalil & Imam Dermawan

Topik: Diskusi Buku “Learning How to Learn” oleh Barbara Oakley dan Terence Sejnowski

Poin-poin:

  • Buku ini adalah versi anak-anak dari materi kursus populer Coursera, tetapi isi dan manfaatnya juga sangat relevan untuk orang dewasa.
  • Reviewer utama, Tanti Ruanti, menyampaikan bahwa buku ini mengajarkan bagaimana otak manusia bekerja dalam proses belajar, melalui dua mode utama: focus mode dan diffuse mode.
  • Focus mode digunakan ketika kita berkonsentrasi penuh, sedangkan diffuse mode aktif saat kita santai, misalnya saat mandi atau berjalan, dan keduanya saling melengkapi.
  • Teknik belajar efektif termasuk:
    • Menggunakan metode Pomodoro (belajar fokus 25 menit lalu istirahat).
    • Menghindari procrastination karena dapat menyebabkan tekanan pada otak.
    • Membangun jalur neuron secara bertahap dan konsisten lebih efektif daripada belajar instan.
    • Tidur dan istirahat yang cukup sangat penting karena membantu “upgrade” otak.
  • Penekanan pada pentingnya seeing the big picture, yaitu menghubungkan informasi yang dipelajari agar menjadi pengetahuan yang permanen.
  • Kisah inspiratif Santiago Ramon (peraih Nobel) menunjukkan bahwa orang dengan awal yang tidak “cerdas” bisa sukses jika terus belajar dengan tekun dan fleksibel.
  • 10 prinsip belajar efektif disampaikan, termasuk eat your frogs first (kerjakan tugas tersulit di awal), menulis dengan tangan, menggunakan humor dan metafora dalam belajar.
  • Guest speaker Mathilda Hanifah Khalil berbagi pengalamannya belajar di luar jalur formal (tidak kuliah), menekankan pentingnya menemukan just cause atau alasan besar kenapa kita belajar.
  • Ia membagi tipe-tipe pembelajar dari buku Mastery karya George Leonard: dabbler, obsessor, hacker, dan master, dengan anjuran agar kita menjadi tipe master yang paham tujuan dan konsisten dalam belajar.
  • Rumus belajar: Ilmu (informasi) + akal (proses) = amal (aksi), penting untuk membentuk pembelajaran yang bermakna dan berdampak.
  • Belajar tanpa tujuan hanya akan menumpuk informasi tanpa implementasi, sementara belajar dengan tujuan bisa menghasilkan tindakan nyata.

Catatan: ringkasan ini dibuat oleh AI (Artificial Inteligence), kesalahan bisa terjadi. Silahkan nonton video aslinya (lengkap) agar tidak salah.
-AI-

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

Synology DS223

Saya mencoba membuka dan photo isi dari synology ds223. Cuma ngga berani bongkar dalamnya. :)

BREED #248: To Engineer Is Human | Fuad A Herya, Budi Rahardjo & Imam Dermawan

https://www.youtube.com/watch?v=MXVtwVvsH-k Topik: Ringkasan Diskusi Buku "To Engineer is Human" oleh Henry Petroski Latar Belakang Buku Buku ini membahas hubungan antara rekayasa teknik dan kegagalan. Petroski menyoroti bagaimana...

BREED #247: Your Next Five Moves | Sofyandi Sedar, Yana Raharja & Dadan Ramdani

https://www.youtube.com/watch?v=cax7BoLLTrI Topik: Bedah Buku “Your Next 5 Moves” oleh Patrick Bet-David Pembukaan & Pengantar Acara dipandu oleh Dhanam Dhani sebagai moderator dalam forum diskusi komunitas Spirit/Breed. Buku...