Kalau kamu tumbuh besar di era 80-an atau awal 90-an, ada kemungkinan kamu pernah melihat — atau bahkan memainkan — sebuah alat game kecil berbentuk seperti teleskop futuristik bernama Galaxy II. Bagi yang belum tahu, ini bukan sekadar mainan elektronik biasa. Galaxy II adalah representasi dari masa ketika video game masih sederhana tapi punya daya tarik luar biasa.
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencoba langsung game legendaris ini lewat pinjaman dari teman dekat. Hasilnya? Rasa kagum dan nostalgia menyerbu sekaligus. Saya dokumentasikan semuanya dalam sebuah video di channel YouTube saya (link videonya bisa dilihat nanti di bawah), dan rasanya sayang kalau tidak diceritakan juga lewat tulisan.
Mengenal Galaxy II
Galaxy II adalah produk keluaran Epoch, perusahaan asal Jepang yang cukup dikenal pada zamannya karena beberapa rilisan elektronik interaktif mereka. Di luar negeri, khususnya Amerika dan Inggris, perangkat ini dirilis dengan nama Astro Wars. Bentuk fisiknya cukup ikonik — bagian atas melengkung seperti lensa pembesar dengan layar mungil bercahaya warna-warni.
Teknologi yang digunakan oleh game ini adalah VFD (Vacuum Fluorescent Display). Bagi yang belum familiar, layar jenis ini mampu memancarkan cahaya terang tanpa bantuan backlight eksternal — sesuatu yang sangat inovatif untuk tahun 1981.
Satu Hal Yang Tidak Bisa Dilupakan: Sederhana Tapi Menegangkan
Gameplay-nya simpel: kamu mengendalikan pesawat luar angkasa kecil yang hanya bisa bergerak ke kanan dan kiri serta menembakkan satu peluru dalam satu waktu. Musuh datang dari atas secara bertahap sesuai level permainan. Ada empat level total:
- Level awal cukup mudah; musuh muncul perlahan satu per satu.
- Level berikutnya makin cepat dan mulai muncul dua musuh bersamaan.
- Sampai akhirnya di level tertinggi, layar penuh “hujan peluru” membuatmu harus bermanuver cepat agar tetap hidup.
Tidak ada boss besar atau efek ledakan mewah seperti game sekarang. Tapi justru itulah pesonanya. Ketegangan dibangun melalui keterbatasan kontrol dan desain permainan itu sendiri.
Apa yang Membuat Game Ini Spesial?
Bukan hanya bentuk fisiknya yang unik atau tampilannya yang retro banget, tapi juga fakta bahwa semua elemen dalam perangkat ini bekerja tanpa software rumit atau grafis digital berat. Semuanya mekanis dan elektris — sebuah perpaduan antara desain visual cerdas dan teknik analog klasik.
Jumlah baris pada layarnya sekitar delapan ke atas dengan lima kolom horizontal tempat pesawat bergerak bebas bolak-balik sambil menembak jatuh alien-alien kecil digital itu.
Yang lebih menarik lagi: baterainya menggunakan empat buah ukuran C (yang sedang-sedang saja ukurannya), menghasilkan total daya 6 volt agar sistem menyala sempurna. Bahkan baterai pun terasa vintage!