BREED #95 The Science of Selling | Bambang Pramujo, Ratih E Prihatini & Arif Setiawan

Topik: Diskusi Pertemuan ke-95 Komunitas Breed – Bedah Buku The Science of Selling oleh David Hoffeld

Poin-poin:

  • Pertemuan ke-95 merupakan bukti konsistensi komunitas Breed yang rutin membahas buku setiap pekan selama dua tahun lebih.
  • Pak Bambang Pramujo menggantikan Bu Dias sebagai reviewer karena Bu Dias akan berangkat haji.
  • Buku yang dibahas adalah The Science of Selling oleh David Hoffeld, dengan fokus pada strategi berbasis sains untuk meningkatkan efektivitas dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
  • Penjelasan penting dari buku:
    • Semua orang pada dasarnya adalah “penjual”, karena kita selalu menjual ide atau gagasan.
    • Banyak sales yang gagal karena menggunakan pendekatan lama berbasis prosedur, bukan pendekatan berdasarkan cara pembeli mengambil keputusan.
    • Beberapa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian:
      • Single option aversion: jika hanya ditawarkan satu pilihan, pembeli kesulitan mengambil keputusan.
      • Likeability bias: orang lebih mudah terpengaruh oleh orang yang memiliki kesamaan.
      • Social proof: orang cenderung mengikuti mayoritas (contoh: memilih restoran yang ramai).
    • Konsep sales equation menggabungkan logika dan emosi. Orang membeli berdasarkan emosi dan membenarkan dengan logika.
    • Keputusan membeli adalah keputusan untuk berubah; ini sering dihindari oleh manusia karena cenderung menyukai status quo.
    • Penting untuk memahami primary buying motivator (penyelesaian masalah), dominant buying motive (gain vs loss), dan buying requirements (syarat-syarat institusional).
    • Strategi lain: mengetahui why now, why industry solution, why you, dan why your company.
    • Pentingnya memahami kondisi emosi pembeli dan membaca bahasa tubuh (non-verbal behavior).
    • Contoh kasus Holywings diangkat untuk menyoroti pentingnya mempertimbangkan persepsi stakeholder, bukan hanya pelanggan.
  • Ibu Ratih (guest speaker) membagikan pengalaman bekerja di industri migas:
    • Penjualan di sektor migas sangat teratur dan banyak melibatkan pemerintah karena nilai transaksi sangat besar (hingga triliunan rupiah).
    • Pendekatan sales lebih formal dan terstruktur, dengan banyak dokumentasi karena diaudit oleh berbagai institusi (BPK, BPKP).
    • Proses internal dan eksternal dalam pengambilan keputusan sangat kompleks dan harus melalui berbagai persetujuan.

Catatan: ringkasan ini dibuat oleh AI (Artificial Inteligence), kesalahan bisa terjadi. Silahkan nonton video aslinya (lengkap) agar tidak salah.
-AI-

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #272: The Corporation in The 21st Century | GWidayanto, Jaha Nababan, Ningky M & Deni Yulian

https://www.youtube.com/watch?v=cPs_YYZDBFM Topik: Diskusi Buku “The Corporation in the 21st Century” – Breed #272 1. Latar Belakang Diskusi Breed telah membahas ratusan buku lintas topik, dari strategi,...

BREED #271: The Hard Thing About Hard Things | Army Alghifari & Alan Perdana

https://www.youtube.com/watch?v=z8Do7wHvMCE Topik: Pembukaan dan Pengantar Diskusi Penjelasan tentang komunitas Breed sebagai tempat membaca dan ngobrol buku bersama. Fokus Breed bukan hanya memahami isi buku, tetapi menguji...

Belajar Sains Lebih Interaktif dengan Fitur Dynamic View di Gemini

https://www.youtube.com/watch?v=rR-Zy9HE8TA Perkembangan teknologi AI terus menghadirkan cara baru untuk belajar, dan salah satu inovasi menarik yang saya coba baru-baru ini adalah fitur Dynamic View...