BREED #250: Identity | Tofan Zaky, Salsabila Syaira & Emil F Yahya

Topik: Diskusi Buku “Identity” oleh Francis Fukuyama – Episode 250 BRIeD

Pembukaan dan Konteks

  • Episode 250 BRIeD menandai lima tahun diskusi rutin mingguan yang membedah berbagai buku, khususnya tema bisnis, teknologi, sejarah, dan sosial.
  • Buku yang dibedah kali ini adalah Identity karya Francis Fukuyama, dibawakan oleh Bang Topan (aktivis sosial, peneliti HI) dan Mbak Salsa (jurnalis dan akademisi bidang politik).

Intisari Buku “Identity”

  • Fokus buku adalah pada politik identitas yang menggeser wacana ideologi ekonomi dalam politik modern.
  • Fukuyama menyebut bahwa demokrasi liberal kini terancam dari dalam oleh tuntutan pengakuan identitas.
  • Politik identitas tumbuh karena kebutuhan akan recognition (pengakuan martabat), yang disebut sebagai thymos dalam konsep Plato.

Konsep Kunci

  • Isothymia: Keinginan untuk diakui secara setara.
  • Megalothymia: Keinginan untuk diakui sebagai lebih unggul.
  • Gerakan identitas bisa konstruktif (e.g. perjuangan feminisme, kaum minoritas) atau destruktif (e.g. populisme ekstrem, supremasi kulit putih).
  • Contoh nyata: Arab Spring, diskriminasi terhadap kulit hitam di AS, alienasi muslim muda di Eropa.

Akar Historis Identitas

  • Berakar dari Reformasi Protestan oleh Martin Luther, filsafat Rousseau, Hegel, hingga gerakan sosial baru era 1960-an di Prancis.
  • Identitas dipahami sebagai reaksi terhadap tekanan sosial dan ketidakadilan struktural.

Solusi yang Ditawarkan Fukuyama

  • Membangun identitas sipil (civic identity) berbasis nilai-nilai demokratis, bukan etnis/agama.
  • Mengalihkan fokus politik dari simbolisme identitas ke reformasi nyata (pendidikan, kesehatan, redistribusi ekonomi).
  • Reformasi kurikulum sejarah agar inklusif terhadap semua kelompok, bukan hanya dominan.

Kritik Terhadap Fukuyama

  • Solusi dinilai terlalu normatif, tidak konkret untuk kondisi riil setiap negara.
  • Namun, buku ini dianggap penting sebagai diagnosa terhadap krisis global demokrasi liberal.

Relevansi terhadap Indonesia

  • Dibahas apakah Pancasila dan kebijakan publik kita sudah cukup merepresentasikan semua warga negara, termasuk yang “tak terlihat”.
  • Pentingnya pendidikan yang menanamkan solidaritas lintas identitas.

Refleksi Bisnis dan Brand

  • Identitas kini juga diadopsi dalam dunia bisnis sebagai strategi brand.
  • Brand harus membangun afiliasi emosional dengan komunitas tertentu agar relevan.
  • Pertanyaan yang muncul: apakah ini evolusi alami atau kooptasi politik identitas?
  • Perlu dibedakan antara identitas (internal, otentik) dan brand (eksternal, topeng sosial).

Penutup

  • Politik identitas bisa menjadi kekuatan positif jika diarahkan untuk pengakuan martabat secara setara (isothymia).
  • Namun, jika digunakan secara eksklusif, berisiko memecah belah dan menggerus demokrasi.

Catatan: ringkasan ini dibuat oleh AI (Artificial Intelligence), kesalahan bisa terjadi. Silahkan nonton video aslinya (lengkap) agar tidak salah.
-AI-

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related posts

Advertismentspot_img

Latest posts

BREED #253: The Six Disciplines of Strategic Thinking | BREED Team

https://www.youtube.com/watch?v=wFHzRRPynIU

BREED #254: Delivering Happiness | Titus Herdiawan, Devid Hardi & Rois Solihin

https://www.youtube.com/watch?v=H7Nb2abEMoU Topik: Diskusi Buku "Delivering Happiness" oleh Tony Hsieh Profil Buku dan Penulis Buku ini menceritakan perjalanan hidup dan bisnis Tony Hsieh, dari masa kecil hingga...

Masih Perlukah Kuliah IT di Era AI? Ini Jawaban yang Harus Kamu Dengar Sebelum Pilih Jurusan (dengan Pak Budi Rahardjo)

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) membuat banyak calon mahasiswa mulai bertanya-tanya: Apakah masih penting kuliah di jurusan IT?Apalagi sekarang, berbagai pekerjaan sudah bisa dibantu bahkan...